FAQ

Pertanyaan yang biasa ditanyakan

ISI

  1. Informasi Dasar
  2. Tipe-tipe Samurai Paint dan produk
  3. Prosedur Pengecatan Samurai Paint
  4. Pertanyaan Lain-lain

A. Informasi Dasar

Samurai adalah cat aerosol yang diformulasi khusus untuk digunakan pada sepeda motor dan otomotif lainnya.

Cat semprot Samurai semuanya dibuat di Malaysia tetapi formula yang digunakan oleh Samurai dikembangkan dan dibuat di Jepang.

Samurai Paint dijamin sudah tahan bensin, sehingga cat tidak akan memudar atau hilang saat terkena bensin tidak seperti brand lain. Cat Samurai juga anti retak karena Samurai digunakan pada sepeda motor yang selalu terekspos pada faktor cuaca seperti sinar matahari,hujan dan cuaca lainnya, plastik dan besi bisa mengembang dan mengecil yang kemudian menyebabkan cat lain retak. Cat Samurai sudah cukup elastis sehingga kejadian seperti itu tidak akan terjadi dan keutuhan cat tetap terjaga.

Samurai Paint menggunakan NC(Nitrocellulose) yang dimodifikasi sehingga berbeda dari merk lain yang ada dipasaran sekarang dan kualitasnya menjadi kekuatan.

Samurai memiliki banyak jenis cat untuk memenuhi kebutuhan pengecatan anda mulai dari Cat 2K (2 komponen), warna standar, warna metalik, warna orisinil motor jepang (Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki), 2 Coat System(2 tahap),Khameleon(Bunglon), Warna stabilo, Cat hi-temp, Top Coat 1 Komponen, Undercoat Primers, Water Transfer Film dan lain-lain.

Jika belum digunakan, semua produk Samurai Paint dapat disimpan bertahun-tahun tanpa kadaluarsa. Untuk cat Samurai 2K, saat hardener sudah dicampurkan, produk 2K disarankan untuk dihabiskan dalam waktu 2 jam. Sedangkan untuk produk cat Samurai lainnya setelah dipakai bisa disimpan kembali sampai waktu yang lama. 

Samurai mempermudah semua orang untuk mengecat daripada merk lain. Dikarenakan Samurai memudahkan siapa pun yang ingin mengecat daripada merk lain. Karena nozzle unik dari Samurai yang bisa digunakan dari jarak 10-12 cm, sedangkan merk lain harus disemprot dengan jarak yang agak jauh 28-30 cm. Sehingga lebih mudah digunakan untuk pemula dan lebih sedikit cat yang terbuang.

Dengan cairan kimia yang kuat seperti cairan rem, battery solutions dll.  Harus menggunakan 2K01 Top Clear untuk melindungi cat yang berada dibawahnya.

  1. PRIMER – Ini adalah lapisan persiapan yang dikenakan pada material sebelum naik warna. Priming memastikan daya rekat cat yang lebih baik ke permukaan, meningkatkan daya tahan cat, dan memberikan perlindungan tambahan untuk material yang dicat. Banyak orang mengecat  mengalami masalah cat retak/pecah saat mengecat ulang dengan cat semprot, Kini dengan PRIMER (2K04 Surfacer) generasi baru kami, Anda dapat mencegah masalah cat retak dan pecah.
  2. Warna Dasar – Ini diterapkan setelah lapisan primer. Lapisan ini mengandung sifat visual warna dan efek, dan biasanya disebut sebagai cat. Ini diperlukan jika warna akhir yang diinginkan adalah warna cerah seperti kuning, merah, warna fluorescent, dll. Ini juga digunakan ketika warna Khameleon atau 3D digunakan. Untuk warna yang lebih gelap seperti hitam, abu-abu, coklat, biru tua, dll, Anda dapat melewati lapisan warna dasar dan melanjutkan langsung ke lapisan warna inti.
  3. Warna Inti – Ini adalah pelapisan untuk menghasilkan warna akhir yang di inginkan.
  4. CLEAR – Disemprotkan di atas lapisan warna inti, ini adalah lapisan mengkilap dan transparan yang membentuk antarmuka akhir dengan lingkungan. Untuk alasan ini, lapisan bening atas harus cukup tahan lama untuk menahan abrasi dan cukup stabil secara kimiawi untuk menahan sinar UV. Satu bagian dan dua bagian formulasi sering disebut sebagai 1k dan 2k masing-masing.

Sebagian besar produk Samurai Paint dapat bertahan hingga suhu 190 °C. Tapi cat Hi-temp kami, dapat bertahan hingga suhu yang jauh lebih tinggi, sekitar 600 °C.

Kita sudah ada diberbagai marketplace, bisa langsung cek ke shopee, tokopedia, lazada dan bukalapak.

Dengan lapisan Clear 2K, ada perlindungan UV ekstra dan kilapnya bisa bertahan hingga 5 tahun.

Seperti kebanyakan produk Samurai Paint, cat 2K kami dapat bertahan hingga 190 °C.

B. TIPE-TIPE PRODUK SAMURAI PAINT

Sistem 2K Samurai adalah produk yang  ditemukan dan dipatenkan oleh para peneliti di Samurai. Ini adalah sistem di mana 2 bahan kimia yang berbeda (resin dan pengeras) disimpan dalam satu kaleng. Pengeras berada dalam tabung yang lebih kecil di dalam kaleng dan harus diaktifkan dan kemudian dicampur dengan resin untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Hal ini memungkinkan pengguna biasa tanpa profesional untuk mendapatkan hasil profesional terutama pada primer dan pada lapisan Clear yang jelas.

Sistem Samurai 2K memungkinkan semua orang bisa mengecat tanpa pelatihan dan peralatan mengecat profesional untuk mendapatkan hasil akhir yang profesional, berkualitas tinggi, dan indah hasil cat mereka. Ini termasuk primer untuk item dan lapisan atas. Hanya Samurai yang memiliki sistem ini di Filipina dan teknologi dipatenkan di sini dan di berbagai negara di seluruh dunia.

1K adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lapisan yang tidak memerlukan pengeras, katalis atau aktivator. Istilah ini dapat digunakan untuk menggambarkan cat “komponen tunggal” yang mengering di udara (apakah cat rumah lateks, atau pernis jadul) dan hampir semua cat kaleng semprot aerosol. Cat 2K di sisi lain menggambarkan lapisan yang perlu dicampur dengan pengeras, katalis atau aktivator. Setelah mengeras, itu jauh lebih rentan terhadap kerusakan dari bahan kimia, cuaca, atau sinar UV. Cat 2K lebih kuat dan lebih tahan lama dibandingkan dengan cat 1K ditambah lebih sulit untuk diterapkan dibandingkan dengan 1K.

Dalam 2K, seseorang biasanya perlu mencampur bahan kimia secara manual kemudian dengan kompresor udara dan pistol semprot, semprotkan cat pada item yang dicat. Tetapi dengan Samurai 2K System, semuanya digabungkan dalam kaleng aerosol sehingga tidak perlu semua peralatan tetapi hasilnya akan sama.

Ini adalah sistem yang diformulasikan secara khusus di mana lapisan bawah pertama kali digunakan sebelum melapisi lapisan atas untuk mendapatkan warna tertentu yang tidak mungkin didapat hanya dengan satu warna terutama warna sepeda motor asli.

Ini adalah cat dengan warna 3 dimensi (3D) yang berbentuk aerosol. Warna berubah tergantung pada bagaimana cahaya memantulkannya saat sudah kering.

Film ini dicetak gravure dengan gambar grafis untuk ditransfer ke suatu objek. Ini idealnya digunakan pada objek dengan permukaan 3D dengan menggunakan tangki air.

Ya, Samurai memiliki cat H2 Hi-Temp yang dapat bertahan hingga 600 ° Celcius atau 1112 ° Fahrenheit. Ini adalah formulasi tahan suhu tinggi berbasis silikon.

Samurai menjamin bahwa cat H2 Hi-Temp-nya mampu menahan suhu yang diiklankan. Merek lain tidak memberikan jaminan seperti itu.

Anda bisa menggunakan cat Samurai Paint Hi-Temp yang tahan hingga suhu 600 °C. Muncul dalam Perak (H1) dan Hitam (H2).
Untuk penutup knalpot, Anda dapat menggunakan cat kami yang lain karena dapat bertahan hingga suhu 190 °C.

Cat chrome kami sedang dalam proses produksi. Namun, kami membawa Chrome Dekoratif dengan kode C018.

C. PROSEDUR PENGECATAN SAMURAI PAINT

  1. Amplas dan cuci bagian yang akan dicat. Lapisan clear sebelumnya harus diampelas dengan amplas grit 300-400 dan dicuci dengan benar sehingga tidak ada debu, minyak, atau kotoran lain yang menempel pada benda tersebut.
  2. Semprotkan Samurai 2K04 Surfacer sebagai primer untuk bagian plastik atau 2K05 Red Oxide Anti-rust Surfacer atau 2K06 Silver Grey Anti-rust surfacer untuk bagian logam.
  3. Setelah primer mengering, permukaan harus diampelas kembali dengan amplas 800/1000 grit dan dicuci. Setelah pengamplasan dengan 1000 grit amplas lagi dengan 2000 grit. (Jika langkah ini dilewati, hasil akhir akan tetap mengkilap, tetapi dengan langkah ini, produk akhir akan memiliki lapisan kilat seperti cermin)
  4. Semprotkan undercoat/lapisan warna dasar jika menggunakan warna fluorescent ( UC1002 U/C Flourescent), warna cerah seperti merah, kuning, dll (2/102 Putih), Khameleon 3D Paint (30/109 Hitam) dan Undercoat pada sistem 2-coat . Jika warna gelap seperti hitam atau abu-abu, tidak perlu lapisan warna dasar.
  5. Semprotkan warna inti.
  6. Semprotkan top clear coat menggunakan Samurai 2K01 Top Clear Coat untuk hasil akhir glossy terbaik dan perlindungan yang terbaik untuk sepeda motor Anda.

Ya, kami sangat menyarankan untuk mengampelas media dengan amplas grit 300-400 sebelum mengecat agar cat lebih melekat pada permukaan barang yang dicat.

Gunakan Surfacer 2K04 atau 2K05/2K06 Metal Surfacer sangat dianjurkan. 2K04 Surfacer memberikan sifat pengamplasan yang sangat baik, melindungi terhadap korosi dan bahan kimia, meningkatkan daya rekat lapisan atas dan aman untuk digunakan pada semua sistem cat konvensional, tanpa mengacaukan cat asli di bawahnya. 2K05/2K06 Metal Primer bekerja dengan menembus jauh ke dalam permukaan dan membentuk penghalang kedap udara dan air yang memberikan perlindungan anti korosi yang sangat baik dan daya tahan yang tahan lama.

Untuk warna gelap (hitam, coklat, abu-abu, biru tua, hijau tua, dll), dan warna putih, Anda tidak perlu menyemprotkan cat dasar. Namun untuk warna yang lebih terang atau lebih cerah seperti merah, jingga, kuning, dll, maka lapisan warna dasar sangat disarankan untuk membuat warna-warna terang lebih menonjol.

  1. Amplas dan cuci bagian yang akan dicat. Lapisan clear sebelumnya harus diampelas dengan amplas grit 300-400 dan dicuci dengan benar sehingga tidak ada debu, minyak, atau kotoran lain yang menempel pada benda tersebut.
  2. Semprotkan Samurai 2K04 Surfacer sebagai primer untuk bagian plastik atau 2K05 Red Oxide Anti-rust Surfacer atau 2K06 Silver Grey Anti-rust surfacer untuk bagian logam.
  3. Potong film transfer air ke dalam ukuran yang diinginkan.
  4. Letakkan selotip atau buat sayatan kecil di sepanjang tepinya untuk menghindari film menggulung saat ditempatkan di dalam air.
  5. Basahi jari Anda dan beri sedikit air di kedua sisi film. Sisi dengan bagian lengket harus ditempatkan menghadap air.
  6. Tunggu sampai filmnya rata. Hapus gelembung udara dengan mengetuk film dengan lembut.
  7. Semprotkan activator water film pada film.
  8. Segera setelah penyemprotan, perlahan celupkan media ke film.
  9. Kocok media di bawah air sampai film yang lebih terlepas.
  10. Keluarkan media dari air dan biarkan film mengering di bawah terik matahari selama sekitar 10-15 menit.
  11. Cuci lem pada media di dalam air sampai semua bagian yang lengket bersih.
  12. Keringkan media lagi.
  13. Semprotkan clear pada media dan tunggu hingga kering.
  1. PUTIH – untuk warna yang lebih cerah seperti merah, kuning, pink, biru, emas, warna fluorescent, dll.
  2. PERAK –Untuk warna Candy dan warna metalik
  3. HITAM – Warna Khameleon 3D .
  4. UC1002 U/C Fluorescent – Untuk warna fluorescent.

Sebaiknya gunakan amplas dengan grit 400, pastikan amplas dan permukaannya basah. Amplas ini dapat digunakan pada permukaan logam dan plastik.

Kami menyarankan untuk menggunakan Shampoo Motor kami (CM07) karena mengandung sabun untuk menghilangkan lemak dan kotoran.

Selain menggunakan cat kami dari rentang Warna Flat/datar, kami sangat menyarankan menggunakan Clear Coat 2K01A karena memberikan finishing matte/doff.

Untuk efek marmer, kami membuat pola sendiri menggunakan benda-benda seperti kantong plastik kusut dan jari sedangkan efek kristal terbentuk sendiri dari semprotan. Meskipun kita dapat membuat berbagai pola dengan efek marmer, efek kristal hanya dapat menciptakan efek ‘retak’.

Kami merekomendasikan hanya menggunakan cat Hi-Temp pada knalpot Anda karena dapat menahan suhu hingga 600 °C.

Kami tidak menganjurkan menggunakannya pada permukaan plastik karena produk terlalu abrasif pada permukaan plastik. Namun, aman untuk digunakan pada permukaan logam

Sebaiknya gunakan clear coat 2K (2K01). Lihat pada youtube Samurai Kurobushi Indonesia untuk langkah- langkah lengkapnya.

D. PERTANYAAN LAIN

Satu kaleng mungkin dapat mencakup area antara 1 meter persegi – 3 meter persegi. Perbedaan tersebut dikarenakan skill pelukisnya, berapa banyak layer, seberapa tebal per layer dan warna apa yang dipilih, opacity warna yang lebih terang akan lebih rendah.

Ini akan tergantung pada model dan apa yang akan dicat pada sepeda motor. Tapi kalau pengecatan fairingnya saja, untuk model tipikal seperti XRM, Raiders, Mio, dll, diperkirakan 2-3 kaleng per jenis cat 400ml. Itu lagi-lagi tergantung pada keterampilan pelukis. Semakin banyak latihan dan pengalaman yang dimiliki pelukis, semakin sedikit cat terbuang yang akan terjadi.

Sebaiknya jangan menggunakan Samurai dengan merek lain karena daya rekat cat Samurai lebih kuat dibandingkan dengan merek lain. Jika Samurai digunakan di atas merek lain, kemungkinan besar Samurai akan memakan cat merek lain dan akan mengakibatkan apa yang kita sebut cat retak/pecah

Anda hanya perlu mengeringkan media yang sudah jadi secara alami. Tidak perlu menggunakan oven apapun untuk mengeringkannya. Media akan kering lebih cepat di bawah sinar matahari atau lampu sorot panas.

Ya, kami sangat merekomendasikan untuk memakai top clear coat pada barang jadi. Sebaiknya gunakan 2K01 Top Clear Coat untuk hasil terbaik.

Ya, Samurai dapat digunakan pada velg besi. Anda perlu mengampelas, menggunakan 2K05/2K06 Metal primer, mengecatnya dengan warna yang diinginkan dan menggunakan top clear coat 2K01 untuk hasil terbaik.

Ya, Samurai bisa digunakan pada bahan lain seperti fiber glass. Anda perlu mengampelas, menggunakan 2K04 Surfaces primer, mengecatnya dengan warna yang diinginkan dan menggunakan 2K01 top clear coat untuk hasil terbaik.

Ya, cat Samurai bisa digunakan untuk mengecat di atas dempul. Pastikan dempul diampelas sebelum memakai primer.

Ya, Samurai bisa digunakan untuk mengecat benda-benda yang dikrom. Proses ini dengan menerapkan primer plastik KPP pada barang yang sudah dikrom, keringkan di bawah terik matahari selama 2 jam, dan penyimpanan selama 2-3 hari sebelum menerapkan cat samurai.

Primer membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk kering sentuh di bawah terik matahari. Warna Samurai lainnya akan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk mengering di bawah terik matahari.

Selama cat kering saat disentuh, maka lapisan cat berikutnya bisa diaplikasikan pada media.

  1. Formulasi samurai khusus digunakan untuk sepeda motor. Kami tidak menjamin hasil untuk semprotan selain pada sepeda motor.

Untuk penyemprotan pada kayu, kayu harus diolah dengan dempul/pengisi kayu. Lalu bisa diproses seperti biasa.

Tidak disarankan untuk menggunakan cat merek lain. Kami masih menyarankan untuk menggunakan Samurai primer untuk cat Samurai. Kami tidak dapat menjamin hasil dari merk lain jika disemprot dengan Samurai.

Sistem Samurai 2-coat diformulasikan secara khusus untuk menggunakan undercoat dan top coat untuk mendapatkan hasil warna tertentu yang tidak mungkin didapat dengan satu warna. Lapisan bawah dan lapisan atas dapat digunakan secara terpisah tetapi warna yang dihasilkan akan berbeda dengan saat digunakan bersama-sama.

Samurai mempunyai warna Flat Black dan Flat Clear. Tetapi semua warna bisa menghasilkan warna mati/mate dengan menggunakan finishing Flat Clear 128A/2K01A

Tidak, samurai tidak memiliki top coat berwarna hanya memiliki top clear coat.

Selain Cat H2 Hi-Temp, cat Samurai lainnya dapat bertahan hingga 190 °C.

Untuk blok silinder, kepala silinder dan bak mesin, cat Bagian Mesin Samurai harus digunakan terlebih dahulu sebelum menggunakan jenis cat lainnya.

Itu akan tergantung pada ukuran pelek dan roda mag ditambah juga bagaimana pengguna menyemprotkan cat. Tapi kami biasanya merekomendasikan 1-2 kaleng untuk 1 pasang pelek atau 1 pasang roda mag dari ukuran 14-18 inci.

Ya, cat Samurai bisa digunakan untuk airbrushing. Anda akan membutuhkan alat airbrushing untuk melakukan ini.

Dalam penyimpanan, cat Samurai dapat bertahan hingga 50°C.

Ya, cat Samurai dapat digunakan untuk hidrografi bersama dengan Samurai Water Film Transfer Activator.

Sebelum mengaplikasikan cat harus dipastikan tidak ada wax, kotoran dan minyak pada permukaannya, dan pertama-tama Anda harus menggunakan Samurai Plastic Primer untuk mengolah plastik sebelum melanjutkan dengan proses pengecatan Samurai biasa.

Tidak perlu menghapus cat lama. Pastikan untuk mengampelas media dan menyemprotkan permukaan 2K04 untuk mematikan cat lama.

2K04 Grey Epoxy Surfacer biasanya digunakan untuk plastik, aluminium atau bahan non-ferrous lainnya. 2K05 Red Oxide Epoxy Metal Primer dan 2K06 Silver Grey Epoxy Metal Primer digunakan untuk logam untuk melindunginya dari karat.

Selama tidak ada logam yang berpotensi berkarat, Anda bisa menggunakan 2K04 Grey Epoxy Surfacer. Tetapi untuk logam dengan permukaan terbuka yang rentan terhadap karat, yang terbaik adalah menggunakan 2K05 Red Oxide Epoxy Metal Primer and 2K06 Silver Grey Epoxy Metal Primer.

Saat ini, Samurai memiliki cat Chrome Dekoratif. Namun ada cat Chrome 2K yang sedang diteliti dan dikembangkan oleh pabrik untuk dipatenkan dan dirilis kedepannya.

Ya, Samurai juga bisa digunakan untuk mobil. Jumlah kaleng yang akan digunakan tergantung pada bagian mobil mana yang akan dicat ditambah ukuran mobil. Karena area yang dicat lebih besar,  membutuhkan keterampilan yang lebih baik.

Cat otomotif lainnya mengandung cat polyurethane yang digunakan untuk pengecatan otomotif profesional. Untuk menggunakan cat otomotif lainnya, Anda harus mencampur bahan kimia terlebih dahulu. Maka kompresor udara dan spray gun diperlukan untuk memanfaatkan cat otomotif lain. Hanya orang-orang dengan budget dan pengetahuan yang bisa menggunakan cat otomotif lainnya. Samurai di sisi lain dibuat untuk keperluan DIY. Pre-mix hardener & sistem cat dalam kaleng aerosol, cukup campur dan semprotkan dalam langkah sederhana.

Amplas permukaan untuk menghilangkan lapisan terluar yaitu lacquer clear coat.
Rekomendasi: gunakan amplas grit 1000-2000 agar tidak menimbulkan goresan atau merusak cat. Basahi permukaan dan amplas. Setelah Anda yakin tidak ada lagi lapisan clear coat lama yang tertinggal di permukaan, Anda dapat melanjutkan dengan penyemprotan lapisan clear coat baru.

Untuk mendapatkan permukaan yang rata, Anda harus mengampelas permukaannya lagi. Lalu mulai lagi proses pengecatan dari awal proses primer.

Masih belum menemukan yang anda cari??